Ulakan, Lintas Media News

Bunda PAUD Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur menghadiri Gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kecamatan Ulakan Tapakih, pada Sabtu (6/11) bertempat di kawasan ekowisata dan edukasi Green Talao Park (GTP) Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan yang mengusung tema "Sinergi PAUD dengan Pengembangan Pariwisata dan Kelestarian Lingkungan" ini, diawali dengan senam gembira bersama Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan dan Nagari yang diikuti oleh sebanyak 14 (empat belas) PAUD se Kecamatan Ulakan Tapakih dengan menghadirkan murid-muridnya sebanyak 418 orang.

Hadir dalam acara itu mewakili Bupati, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Drs. Anwar MSi, Kadis Kesehatan Drs. Yutiardy Riva'i, Apt, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Hendri Satria, MSi, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jon Kenedi, S.Sos. MM, Sekretaris Dinas Kesehatan Syaiful Bahri, SKM, Camat Ulakan Tapakih Emri Nurman SSTP.MM, mewakili Danramil 07 Pauh Kambar Serda Darta Hendra dan Wali Korong Ganting Tangah Padang Alam Sahri serta pengurus Pokdarwis GTP Ulakan.

Terlihat mendampingi Bunda PAUD Kabupaten, Kasi Kurikulum Anida, MPd, Penilik TK/SD Ani Mursida, SPd, Pengawas TK/SD Ermis, SPd, Riri Emri Nurman selaku Bunda PAUD Kecamatan, Pengelola Gizi Ferawati, SGz. Penyuluh Pertanian Lapangan, Kasi Kesra dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kantor Camat Ulakan Tapakih serta seluruh Bunda PAUD Nagari di Kecamatan Ulakan Tapakih.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kabupaten Yusrita memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD Kecamatan Ulakan Tapakih yang telah mempelopori gerakan pembinaan PAUD sampai ke tingkat Nagari.

"Saya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar PAUD Kecamatan ini, karena telah mengawali kegiatan ini dari Kecamatan lainnya di Padang Pariaman bahkan kami di Kabupaten juga belum melaksanakannya. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi PAUD di Kecamatan lainnya dan menjadi ajang silaturrahmi bagi PAUD-PAUD yang ada di Kecamatan Ulakan Tapakih", tutur Yusrita.
Sebelumnya, Bunda PAUD Kecamatan menyampaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Camat Ulakan Tapakih nomor 11/Kep/CUT-2021 tentang Penetapan Bunda PAUD Kecamatan Ulakan Tapakih dan Keputusan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Kecamatan bersama Bunda PAUD Nagari dan Kepala PAUD se Kecamatan tanggal 15 Oktober 2021.

"Tujuan dari pelaksanaan Gebyar PAUD ini adalah memasyarakatkan pentingnya PAUD kepada para orang tua, mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, serta mengintegrasikan Paud dengan pengembangan pariwisata dan pembelajaran dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan", jelas Riri.

Menurut Kadis Kesehatan Yutiardy Riva'i yang didampingi Pengelola Gizi Ferawati, pada kesempatan itu juga dilakukan Kampanye Gizi Seimbang dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Sayuran dan Buah pada anak PAUD. Yang merupakan kegiatan aksi intervensi spesifik dan sensitif di Kecamatan Lokus Stunting.

Acara diakhiri dengan pemberian buah-buahan bergizi dari Kepala Dinas Kesehatan kepada guru pembina masing-masing PAUD, untuk dibagikan kepada anak-anak dan dilanjutkan dengan penanaman pohon pelindung jenis Ketaping di kawasan ekowisata dan edukasi GTP. (nd)
 
Top