Padang, Lintas Media News

Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang kembali melakukan penggeledahan terhadap badan dan kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Kamis (22/7/2021) malam. Giat rutin ini dipimpin langsung oleh Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Kamtib) Rusdi yang merupakan Koordinator Tim Satopspatnal, didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP) Bagus Dwi Siswandono dan diikuti oleh jajaran pengamanan Lapas Kelas IIA Padang. 

Kasi Adm. Kamtib Rusdi mengatakan bahwa razia tersebut digelar sebagai upaya penanganan serta pencegahan penggunaan narkoba, ponsel, dan barang-barang terlarang lainnya oleh WBP di dalam lapas. “Demi mewujudkan Lapas Padang yang bersih dari Halinar, segala upaya pemberantasan barang terlarang akan terus digelar. Tetap waspada dan hati-hati dalam melaksanakan penggeledahan”, ujar Rusdi saat memberi pengarahan sebelum giat dimulai. 

Lebih lanjut, Ka. KPLP Bagus Dwi Siswandono juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, seluruh jajaran khususnya jajaran pengamanan berkomitmen akan terus upayakan pemberantasan terhadap barang terlarang di dalam lapas. “Baik itu dalam giat razia atau tidak, seluruh jajaran pengamanan baik itu JFU maupun regu pengamanan telah berkomitmen untuk berantas barang terlarang di dalam lapas,” jelasnya. 

Meskipun tidak ditemukannya satupun ponsel dan narkoba, petugas berhasil menyita beberapa potongan besi, gelas kaca, charger HP, pemanas air, sendok besi, seutas kabel dan beberapa barang terlarang lainnya. Seluruh hasil sitaan dicatat dan dilaporkan yang kemudian dilakukan pemusnahan. Kegiatan penggeledahan blok hunian WBP berlangsung dengan tertib dan kondusif tanpa menimbulkan keributan dan gejolak. 

“Sesuai atensi Kalapas Era Wiharto, Tim Satops Patnal  beserta jajaran Kamtib dan KPLP akan melakukan razia secara insidentil maupun rutin lebih giat lagi dan memusnahkan barang terlarang dari barang temuan penggeledahan guna mencegah timbulnya gangguan kamtib di dalam Lapas Kelas IIA Padang,” tambah Ka. KPLP Bagus Dwi Siswandono usai razia digelar. (Ag/rel)

 
Top