Padang, Lintas Media News

Meski pun dalam suasana PPKM, namun DPD Partai Golkar Kota Padang masih tetap bisa melaksanakan acara penyemblihan hewan qurban di kantor partai berlambang Pohon Beringin itu Rabu (22/7). Dua ekor sapi dan dua ekor kambing tumbang berdarah-darah sebagai bagian dari ibadah sebagai umat muslim.

M. Iqra Chissa Putra Ketua DPD Partai Golkar tidak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebab sejak dari awal ada kekhawatiran menyangkut aturan-aturan di PPKM yang dirasa cukup memberatkan.

“Tapi Alhamdulillah, panitia pelaksana kita memang sudah mempertimbangkan semuanya. Sehingga tidak terdapat kerumunan dari pelaksanaan ibadah qurban kita ini. Hal itu karena kita memakai sistem perwakilan dalam menyerahkan daging kepada para penerima, disamping ada yang diserahkan langsung secara simbolis,” ujarnya.

Dikatakan Iqra, tekhnis pelaksanaan penyemblihan qurban di kantor DPD Partai Golkar Padang di jalan Kampung Nias V itu memang sudah diperhitungkan sejak awal. Selain tidak memotong di bagian luar kantor, tapi di belakang kantor, sistem pembagian daging pun dilakukan dengan cara menitip lewat perwakilan yang ada.

“Misalnya untuk tiap kecamatan. Meski pun jumlahnya tidak banyak, tapi Kami menitip lewat Plt. Ketua Kecamatan yang datang ke kantor DPD. Dalam memotong hewan qurban pun, para panitia juga tetap setia memakai masker dan mematuhi prokes yang ada. Terimakasih Kami kepada panitia yang telah mengatur sedemikian rupa, sehingga pembagian berlangsung lancar, aman dan tidak mengalami gangguan apa pun,” tambah Iqra.

Ketua Panitia Qurban Partai Golkar Kota Padang Nofrialdi Nofi Sastera menambahkan, untuk tahun ini prioritas pembagian daging qurban lebih diarahkan kepada masyarakat di sekitar kantor DPD Partai Golkar, selain masyarakat Padang Selatan pada umumnya. Setelah itu juga dibagikan kepada setiap kecamatan melalui Ketuanya masing-masing.

Yang sedikit berbeda, tambah Nofi Sastera, selain penyerahan secara simbolis di halaman kantor, Ketua Golkar Padang Iqra Chissa juga mengantarkan langsung beberapa kantong daging qurban ke rumah-rumah di sekitar kantor. Tak hanya itu sejumlah anggota SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) yang ada di dekat kantor serta beberapa tukang parkir yang bertugas di dekat kantor juga mendapatkan bantuan daging qurban.

“Kami menyadari adanya istilah bahwa jika di dekat rumah kita orang membantai, minimal percikan darahnya harus dirasakan juga. Karena itu prioritas pembagian daging kita fokuskan kepada masyarakat sekitar. Begitu pula dari aspek ke-Golkar-annya, setiap PK Kecamatan Partai Golkar juga kita berikan. Memang tak banyak, tapi Alhamdulillah bisa terlaksana,” ujar Nofi.

Acara penyemblihan daging qurban di Partai Golkar Padang ini hanya dipersiapkan selama sebulan terakhir. Hal itu karena pengurus DPD Partai Golkar Kota Padang juga baru terbentuk. “Ke depan In Shaa Allah kita berniat agar tahun depan setiap kecamatan bisa kita subsidi satu ekor sapi qurban. Apalagi Bidang Kerohanian, Penanganan Bencana dan Sosial yang diketuai Pak Nofi Sastera juga sudah merencanakan akan melaksanakan Tabungan Qurban untuk tahun 1443 M nanti,” tambah Iqra.

Hadir dalam acara itu di antaranya Ketua Harian DPD Partai Golkar Jamasri Tanjung, tiga orang anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Golkar seperti Zulhardi Z Latif, Miswar Jambak dan Jumadi. Lalu juga hadir sejumlah pengurus dan Ketua-ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar se Kota Padang. (*/b)

 
Top