Padang, Lintas Media News

Pengurus PWI Rokan Hulu, Provinsi Riau, selama dua hari, Kamis-Jum'at melakukan studi banding ke Sumatera Barat. Salah satu kunjungannya adalah Kantor PWI Sumbar di Jalan Bagindo Aziz Chan No. 8, Padang pada Kamis (11/2) pagi.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua PWI Rokan Hulu Engki Prima Putra, ST ini diterima langsung Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos., yang didampingi Sekretaris Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Zulnadi, SH dan Anggota DKP Gusfen Khairul.

Tim PWI Rokan Hulu yang berjumlah 20 orang  ini berangkat studi banding ke Sumbar dengan dukungan Dana Hibah 2021 dari Pemkab Rokan Hulu. Selain ke Kantor PWI Sumbar, rombongan jurnalis ini juga mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan dan Kota Wisata Bukittinggi.

Menurut Engki Prima Putra, sasaran utama studi banding adalah menimba pengalaman PWI Sumbar dalam menyelenggarakan Hari Pers Nasional (HPN) dan kiat sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) hingga 14 angkatan dengan hasil yang memuaskan.

"Kita PWI Rokan Hulu berkomitmen untuk terus-menerus meningkatkan kualitas jurnalis, tidak saja dengan pelatihan dan lokakarya, tetapi juga melakukan UKW untuk setiap anggota PWI," kata Engki Prima Putra, yang sehari hari adalah wartawan Harian Riau Pos.

Bak gayung bersambut. Ketua PWI Sumbar dengan senang hati membagikan kiat PWI menggelar UKW. Salah satu kunci sukses itu adalah mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari Pemprov Sumbar, Bank Nagari, PT Semen Padang, hingga dengan pemerintah kabupaten/kota. 

Akibatnya, jumlah wartawan yang sudah mengikuti UKW di Sumbar mencapai 500 orang. "Kita akan terus mendorong pelaksanaan UKW di Sumbar sehingga makin banyak jumlah wartawan yang kompeten," kata Heranof Firdaus, mantan pejabat di RRI Padang.

Dalam pertemuan sekitar satu jam lebih itu, PWI Rokan Hulu menyerahkan cinderamata berupa tanjak (destar) mahkota kebesaran adat Melayu. Tanjak ini bernama Unak Serantau, yang dipasangkan kepada Heranof Firdaus, Zulnadi dan Gusfen Khairul.

"Kami pasangkan Tanjak Unak Serantau kepada Ketua PWI Sumbar Bang Heranof, dengan harapan ingat dengan Rokan Hulu dan suatu kali dapat pula berkunjung ke negeri kami," kata Engki Prima Putra, yang didampingi Toat, wartawan Warta Suluh, sesaat sebelum berpisah. (*/rel)

 
Top