PADANG.Lintas Media News.
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengikuti peringatan Kesaktian Pancasila bersama Pemerintah pusat secara virtual di ruang kerja gubernur, Kamis 1 Oktober 2020, pukul 08.00 WIB.

Upacara dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan diikuti oleh Gubernur Irwan Prayitno, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah Drs. Alwis, para asisten dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Sumbar dengan penuh hikmat, namun tetap dengan protokol kesehatan, seperti jaga jarak serta mengenakan masker.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun 2020 dengan tema "Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila" tidak dilakukan seperti tahun sebelumnya, kali ini dilakukan secara virtual serentak diseluruh Indonesia, dikarenakan saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Peserta upacara menyaksikan pembacaan Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945 secara virtual yang dilaksanakan di istana negara Republik Indonesia (RI).

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan sadar sejak proklamasi, telah terjadi rongrongan baik dari dalam negeri, maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kurang waspada bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara," kata Puan.

Namun, puan juga mengatakan dengan semangat kebersamaan yang dilandasi dengan nilai luhur ideologi Pancasila, Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bangsa Indonesia telah membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam upacara tersebut sekitar pukul 08.15 WIB, prosesi upacara selesai, dengan ditandai Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden meninggal lapangan upacara. (b/HMS)
 
Top