PADANG.Lintas Media News.
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno hadir sebagai Narasumber Web Seminar (Webinar) In Your Hand “Menjadikan Rendang Makanan Favorit di Luar Negeri” di ruang kerja, Rabu (1/7/2020).

Gubenur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan,rendang adalah suatu masakan yang sebetulnya sama dengan masakan - masakan lain yang ada di daerah di Indonesia.

"Namun rendang dengan bermacam ragam bumbu asal daerah Sumbar yang unik memiliki  bentuk warnanya yang semua ada ciri khas, itu merupakan suatu produk dari turun temurun oleh para nenek moyang kita, orang tua dulu, itulah yang menjadikan suatu anugrah bagi kita mendapatkan suatu masakan yang menjadi ciri khas didaerah kita," ungkap Irwan Prayitno.

Namun demikian tidak bisa dipungkiri dari sekian banyak jumlah judul makanan khususnya di Indonesia produk dari daerah-daerah maka rendang ini memang sesuatu anugrah kekayaan kuliner Sumatera Barat terkenal dimana-mana.

Lebih lanjut Gubernur Sumbar Irwan menyebutkan bahwa rendang di Sumatera Barat menjadi makanan favorit orang luar negri, dan disukai di dunia tentu ini bukan rekayasa ataupun disetting.

"Karena kami sendiri sebagai orang Sumatera Barat tidak pernah mensetting itu, ternya sudah menjadi mendunia, walaupun ada upaya kita mempromosikan, kalaulah rendang itu tidak enak otomatis sekali dicoba tidak mungkin dicoba kedua kali kalau tidak enak, dan ditambah lagi menceritakan kepada orang lain dari mulut-kemulut lalu muncul rasa tak dipungkiri dan banyak orang menyebutkan karena rendang memang lezat dan nikmat," ucap Irwan.

Gubernur juga mengatakan rendang ini tetap nomor satu dan mengalahkan makan dunia lainya, karena sudah sering kali direview melakukan suatu angket tentang rendang dan Ini merupakan suatu peluang, modal yang besar untuk mempromosikan karena rendang di Sumatera Barat merupakan makanan mudah dikenal dan rasanya pun memang enak.

Selain itu Gubernur juga menyebutkan rendang di Sumatera Barat salah satu adat tradisi Minang yang membudaya setiap kegiatan - kegiatan yang bersifat adat itu makanan wajibnya adalah rendang.

"Dan setiap hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri, mengundang syukuran, pernikahan, acara adat Minang itu makanan wajib pastilah rendang," kata Irwan

Rendang itu kalau dicek bentuknya ada sekitar ratusan jenis warna dan rasanyapun berbeda-beda karena setiap nagari atau daerah mempunyai rasa dan cara yang berbeda sehingga ini menjadikan suatu turun temurun kebiasaan budaya, adat dan kemanapun orang Minang pergi membawa rendang tidak akan basi, karena daya tahan rendang adalah lama bisa bulanan dan rasanya belum berubah, ini tentu juga sudah menjadi nilai komersial diperjual belikan di restauran - restauran.

Sehingga Rendang merupakan makanan favorit bagi orang bule dan rendang tersebut dijadikan makan stick oleh orang luar, selain aroma, rasanya juga tak bisa dipungkiri, enak dan lezat.(rel)
 
Top