Pariaman.Lintas Media News.
Kota Pariaman terbilang daerah hebat, yang merupakan daerah pertama di Sumatera Barat (Sumbar), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu bagi masyarakat terdampak Covid-19 bersumber dari dana Desa.

Pencairan Dana secara simbolis diberikan lansung oleh Wali kota Pariaman Genius Umar didampingi Kepala DPMD Provinsi Sumbar Syafrizal  Ucok yang ditandai dengan pemasangan stiker (sticker) ke rumah warga dan penempelan daftar nama penerima di Kantor Desa Kurai Taji. Kamis (30/4/2020).
 
“Alhamdulilah Pemko Pariaman telah menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Desa melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) kepada warga Kota Pariaman, diberikan sebanyak Rp 600 ribu setiap bulan per keluarga selama tiga bulan,” ucap Genius.

Lanjut Genius, BLT dari alokasi dana desa ini uangnya telah berada di Bank BNI dan sudah dibuatkan buku tabungan BNI secara kolektif berdasarkan nama penerima BLT yang telah ditetapkan.

“Dana BLT itu saat ini sudah berada di Bank, mereka penerima langsung diberikan buku tabungan dan ATM, sudah itu bisa langsung diambil penerima. Bantuan itu juga bebas biaya administrasi,” katanya.

Dengan adanya stiker tersebut maka dapat diketahui jenis BLT yang diterima keluarga ter“Jadi warga dapat melihat daftarnya apakah dirinya mendapat bantuan atau tidak. Sedangkan pendaftaran rekening bank gratis dan tanpa biaya administrasi,” Tegas Wako.

 “Kami sudah melakukan pengecekan data ditingkat bawah sehingga kemungkinan dua kali penerimaan bantuan pada orang yang sama itu tidak akan ditemui. Besaran bantuan sosial yang akan diterima untuk tahap awal 3 (tiga) bulan dengan nominal Rp 600 rb/bulannya. Bagi rumahnya yang sudah diberi sticker sebagai tanda bantuan, sudah bisa mengambil bantuan tersebut di tempat yang ditunjuk dan semua proses pengambilan bantuan tidak dikenakan biaya apapun dan setiap KK hanya dapat satu jenis bantuan, jelas Genius.

Genius menghimbau  masyarakat Kota Pariaman untuk tidak terpancing isu, ayo lihat data penerima bantuan sosial yang telah ditempel di kantor desa masing – masing. Dan apabila ada yang belum terdata namun layak mendapat bantuan agar segera laporkan kekantor desanya untuk didata kembali dan akan diberi bantuan.

Sementara,Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariama yang cepat dan tanggap dalam menyelesaikan data warganya sehingga bantuan sosial bisa dicairkan.

Syafrizal berharap dengan telah dicairkannya bantuan sosial ini oleh Kota Pariaman, juga dapat diikuti oleh daerah lainnya dan segra dapat melengkapi datanya agar bantuan sosial lekas bisa cair dan dapat dimanfaatkan secepatnya oleh masyarakat.

Pihaknya mengingatkan apabila ada yang belum terdata namun layak mendapat bantuan agar segera laporkan kekantor desanya untuk didata kembali dan akan diberi bantuan.

Penerima bantuan secara simbolis mengungkapkan terima kasih kami ucapkan kepada Walikota Pariaman Genius Umar yang cepat menyelesaikan data warga di Kota Pariaman sehingga telah bisa mencairkan bantuan sosial tersebut agar semuanya diberikan berkah dari Allah Swt amin dengan wajah terlihat gembira. ( Nurdin Tanjung)
 
Top