Padang.Lintas Media News
PT Semen Padang yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Group menyerahkan bantuan untuk korban galodo di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu, (8/3/2020) sore.

Sebelumya, pada Sabtu (7/3/2020) juga diserahkan bantuan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk renovasi Gedung Serba Guna Yayasan Sarumpun Pauh IX dan bantuan untuk PAUD Melati Kuranji,dengan total sebesar Rp187 juta.

Untuk bantuan korban galodo berupa semen sebanyak 1500 zak  diserahkan  Direktur Keuangan PT Semen Padang Muhammad Tubagus Dharury kepada Wali Nagari Padang Laweh Malalo, Akhiari, dan disaksikan anggota DPR RI Andre Rosiade.

"Bantuan ini sebagai bentuk  tanggung jawab sosial PT Semen Padang kepada masyarakat lingkungan yang mengalami bencana," kata Direktur Keuangan PT Semen Padang Muhammad Tubagus Dharury yang didampingi Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati dan Kepala Bidang Bina Lingkungan Corporate Sociality Responsibility (CSR) PT Semen Padang, Masykur Rauf.

"Ia mengatakan, bantuan tersebut  bagian dari program CSR perusahaan.  Diharapkan bantuan ini bisa meringankan beban para korban bencana.

Anggota DPR RI Andre Rosiade pada kesempatan itu mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan semen untuk korban galodo di Padang Laweh Malalo tersebut. "Bantuan ini berawal dari aspirasi masyarakat Padang Laweh yang sebelumnya telah disampaikan masyarakat kepada kami  selaku anggota DPR RI dari Sumatera Barat," terangnya.

Dampak galodo, katanya, telah membuat rumah warga dan fasilitas umum rusak. Dan tentunya, kehadiran Semen Padang yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Group, menjawab kebutuhan masyarakat Padang Laweh Malalo..

Selain Semen Padang, lanjutnya, beberapa perusahaan BUMN lainnya seperti BTN, Mandiri dan Hutama Karya juga menyerahan bantuan untuk korban galodo yang terjadi Padang Laweh Malalo pada awal Januari kemarin.

"Total nilai bantuan yang diserahkan hari ini sekitar Rp475 juta," ujarnya.

Wali Nagari Padang Laweh Malalo Akhiari, berterimakasih kepada Semen Padang dan beberapa BUMN lainnya yang telah memberikan bantuan.

 "Alhamdulillah, terimakasih Semen Padang dan beberapa perusahaan lainnya yang telah memberikan bantuan untuk kami," katanya.

Bantuan dari Semen Padang dan beberapa perusahaan BUMN ini, kata Akhiari melanjutkan, nantinya akan digunakan untuk membangun dan memperbaiki kembali rumah warga yang rusak akibat bencana galodo, termasuk untuk memperbaiki sejumlah fasilitas umum yang juga rusak, seperti saluran irigasi.

"Mudah-mudahan, Semen Padang bersama Semen Indonesia dan BUMN lainnya terus maju dan berkembang, sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi untuk kami maayarakat Bangsa Indonesia," ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan semen sebanyak 1500 zak,  PT Semen Indonesia (Persero), Tbk pada Sabtu (7/3/2020) juga menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) renovasi GSG Yayasan Sarumpun Nagari Pauh IX dan bantuan untuk PAUD Melati Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.
Bantuan dari BUMN persemenan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Andre Rosiade kepada pengurus Yayasan Sarumpun sebesar Rp142 juta dan kepada pengurus PAU Melati Kuranji sebesar Rp45 juta. Total dana bantuan yang diserahkan itu sebesar Rp187 juta itu.

Di tempat terpisah, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, bantuan PKBL dari Semen Indonesia ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat lingkungan.

"Bantuan dari Semen Indonesia ini diserahkan untuk Yayasan Sarumpun dan PAUD Melati Kuranji  merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat lingkungan," kata Oktoweri.

Ketua Yayasan Sarumpun Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji, Kamaryudin mengatakan, sebagai penerima manfaat dari bantuan Semen Indonesia Group, tentunya sangat disyukuri sekali atas bantuan yang diberikan.

"Alhamdulillah, saya mewakili masyarakat Kuranji, sangat bersyukur atas bantuannya. Bantuan uang tunai ini akan kami manfaatkan untuk kelanjutan pembangunan Gedung Serba Guna kami yang terbengkalai," kata Kamaryudin.

Selain kepada Semen Indonesia, Kamaryudin juga berterimakasih kepada Andre Rosiade yang telah memfasilitasi bantuan ini, karena bantuan yang diterimanya, merupakan aspirasi masyarakat Kuranji yang disampaikan kepada Andre Rosiade selaku wakil rakyat di DPR.

"Terimakasih Pak Andre. Alhamdulillah berkat dukungannya, kami sebagai masyarakat mendapatkan bantuan dari PKBL Semen Indonesia Group. Semoga Semen Indonesia Group tetap maju dan berkembang bersama kami masyarakat Sumatera Barat," ujarnya.(*)
 
Top