Padang.Lintas Media.

Hari jadi bagi suatu daerah,tidak hanya sebagai simbol atau tonggak kelahiran daerah yang akan diperingati,akan tetapi merupakan ujud kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap daerahnya.Dengan demikian,hari jadi bagi daerah akan memiliki makna dan arti yang sangat penting  untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap daerah.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Hendra Irwan Rahim saat membuka konsultasi publik Ranperda tentang Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat di ruangan sidang utama DPRD Sumbar kemaren.

Dikatakan Hendra.berkenaan dengan hal tersebut diatas,anggota DPRD Sumbar melalui hak yang dimilikinya yaitu hak untuk mengusulkan pembentukan perda,menggagas usul prakarsa Ranperda tentang hari jadi Provinsi Sumatera Barat.

"Dengan adanya perda ini nantinya,pada setiap tahun masyarakat dapat memperingatinya,sekaligus merupakan wahana untuk mempererat silaturahmi masyarakat Sumatera Barat",jelas Hendra.

Dalam penyelenggaraan otonomi daerah,penetapan hari jadi daerah sepenuhnya menjadi urusan daerah masing-masing.Secara umum menurut Hendra,penetapan hari jadi ini mengaju kepada perjalanan sejarah suatu daerah dan dari perjalanan sejarah tersebutlah dapat ditetapkan sebuah momentum yang dapat disepakati bersama untuk ditetapkan sebagai tonggak hari jadi atau hari kelahiran  daerah tersebut.

Hendra menyebutkan.Sesuai dengan mekanisme pembahasan ranperda,maka DPRD melaksanakan konsultasi publik ini dalam rangka pembahasan Ranperda tentang Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ini.

Dari konsultasi publik ini,selaku Ketua DPRD Hendra mengharapkan.Hendaknya dapat diperoleh masukan-masukan dan informasi terkait dengan sejarah lahirnya provinsi Sumatera Barat.Informasi bukti-bukti tersebut dapat dipertanggungjawabkan,sehingga tidak menjadi permasalahan dikemudian hari.

"Kami yakin dan percaya,dengan kehadiran tokoh-tokoh masyarakat,ahli-ahli sejarah dan ahli-ahli pemerintahan,baik dalam kapasitas sebagai Nara sumber maupun sebagai peserta konsultasi publik,akan dapat melahirkan sebuah kesepakatan untuk menetapkan momentum atau kejadian sebagai tonggak hari jadi atau hari kelahiran Provinsi Sumatera Barat",harap Hendra.(Sri)



 
Top